hammer of thor

Penyakit maag kronis, Faktor resiko, Gejala Dan Cara Pengobatan

Penyakit maag kronis, Faktor resiko, Gejala Dan Cara Pengobatan,- Perlu kita ketahui bahwa penyakit maag adalah salah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh banyak orang, maka dari itu disini admin +Fahmy ID ingin berbagi infomrasi tentang penyakit maag yang harus kamu ketahui.

Penyakit maag kronis, Faktor resiko, Gejala Dan Cara Pengobatan

Dikutip dari www.meetdoctor.com bahwa penyakit yang satu ini tentu sudah tak asing di telinga Anda. Gastritis atau radang lambung yang juga dikenal dengan sakit radang maag namanya. Meski dirasa sepele, kenyataannya penyakit ini tetap saja menjadi momok bagi penderitanya. Tanpa pemeriksaan dan pengobatan yang tepat, sakit radang maag justru dapat berkembang menjadi kanker lambung.

Faktor resiko penyebab terjadinya penyakit maag kronis pada pria dan wanita

Penyakit maag kronis, Faktor resiko, Gejala Dan Cara Pengobatan
“Faktor infeksi umumnya disebabkan oleh bakteri, virus, jamur dan protozoa. Kuman Helicobacter Pylori merupakan penyebab tersering. Faktor non infeksi disebabkan oleh hadirnya zat asing yang masuk dalam tubuh melalui  makanan atau minuman yang dapat menyebabkan peradangan lambung,“ ujarnya.

Setiap orang dapat terinfeksi  kuman Helicobacter Pylori. Saat kondisi tubuh seseorang sedang lemah, kuman ini akan tumbuh dan memberikan efek negatif. Kuman Helicobacter Pylori  dapat ditularkan ke orang lain melalui makanan atau kontak langsung dengan penderita. Penderita maag yang disebabkan bakteri ini, biasanya mengalami sakit dalam periode yang berkepanjangan (gastritis kronis).

70 persen para penderita maag ringan/dispepsia  merupakan penderita maag fungsional, dan sisanya adalah penderita maag organik. Mereka para penderita maag fungsional hanya mengalami gangguan fungsi pada bagian lambung meski kondisi lambung dalam keadaan baik. Biasanya penyebab utama gastritis jenis ini adalah pola hidup penderita yang tidak teratur, seperti stres dan kecemasan berlebih serta pola makan yang buruk.  Sedangkan maag organik disebabkan oleh kuman dan zat asing yang masuk ke dalam lambung yang menimbulkan kelainan/ keganasan .

Guna mengetahui penyebab penyakit maag biasanya seseorang akan dianalisa berdasarkan gejala yang dialami serta dilakukan pemeriksaan penunjang.  Gejala gastritis dapat ringan hingga berat. Penderita gastritis ringan/dispepsia.

Biasanya akan mengalami gejala berupa nyeri perut, kembung, mual-muntah, cepat kenyang dan sendawa berlebih .

Pemeriksaan penunjang yang paling baik untuk mendeteksi kelainan lambung/maag adalah endoscopy/gastroscopy.  Pemeriksaan ini dapat melihat langsung kelainan lambung yang ada, termasuk adanya infeksi Helicobacter Pylori, perdarahan, luka maupun tumor/ keganasan lambung.
“Pemeriksaan USG kurang dapat memvisualisasi kelainan lambung dibandingkan endoscopy,”
Pemeriksaan endoscopy perlu dilakukan apabila penyakit maag sering kambuh atau tidak respon pada pengobatan umumnya. Adanya riwayat perdarahan pada lambung, kasus yang dicurigai terjadi keganasan pada lambung serta evaluasi lambung pada usia lanjut juga menjadi alasan mengapa endoscopy harus dilakukan.

Pemberian  antasida, sucralfat, H2 reseptor antagonis dan PPI merupakan cara untuk mengatasi keluhan dan menyembuhkan sakit maag, sedangkan maag yang disebabkan infeksi kuman Helicobacter Pylori dapat disembuhkan dengan kombinasi antibiotik. Namun pemeriksaan intensif terlebih dahulu oleh tenaga medis adalah pilihan terbaik sebelum mengonsumsi obat maag yang beredar di pasaran.

Cara pengobatan dan pencegahan untuk penyakit maag kronis pada pria dan wanita

Sakit maag tentu dapat disembuhkan. Namun sebelum mengalaminya, ada baiknya Anda melakukan pencegahan. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah gastritis dan dijadikan gaya hidup sehari-hari kita, di antaranya adalah sebagai berikut: 
  • Melakukan olahraga rutin
  • Menghindari stres
  • Memilih makanan sehat dan bergizi
  • Mengonsumsi air putih serta makanan berserat,
  • Menghindari makanan pedas/asam/coklat
  • Tidak merokok,
  • Tidak mengonsumsi alkohol, kopi dan teh yang terlalu pekat
  • Mengatur pola makan 4-5 kali sehari, dalam porsi sedikit namun dengan kandungan kalori yang cukup dalam sehari
Penyakit maag kronis, Faktor resiko, Gejala Dan Cara Pengobatan,- maka dari itu kita harus menjaga pola makan kita dan harus menyayangi tubuh kita, banyak sekali penderita maag kronis yang mengabaikan rasa sakitnya, padahal itu berbahaya dan membahayakan diri sendiri, segeralah sembuhkan dengan menggunakan obat herbal jelly gamat gold-g obat penyakit maag paling ampuh.
Baca juga: Cara pengobatan maag kronis paling ampuh
Labels: Maag kronis, penyakit

Thanks for reading Penyakit maag kronis, Faktor resiko, Gejala Dan Cara Pengobatan. Please share...!

Back To Top